Profil Grup

Kami, KORINDO Grup, merupakan perusahaan terdepan di berbagai industri di pasar Asia Tenggara yang memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan. Selama 50 tahun beroperasi, kami telah membangun bisnis dengan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi negara serta menjunjung tinggi praktik-praktik ramah lingkungan dan berorientasi masa depan.

Sekilas

KORINDO merupakan sebuah perusahaan Indonesia yang didirikan pada tahun 1969 dan telah beroperasi selama 50 tahun.

Pada awalnya perusahaan kami menempatkan fokus utamanya di pengembangan hardwood yang kemudian beralih ke plywood/veneer pada tahun 1979, kertas koran di tahun 1984, perkebunan kayu di tahun 1993, dan terakhir perkebunan kelapa sawit di tahun 1995.

T

Keputusan yang diambil perusahaan ini bertepatan dengan ditetapkannya kebijakan pemerintah Indonesia mengenai pelarangan ekspor hardwood dan industri pengolahan sekunder yang berkembang di tahun 1983. KORINDO telah diakui atas pengembangan sumber daya hutan yang baik dan sumbangsih yang diberikan kepada industri pengolahan terkait, sehingga menjadi sebuah kontribusi bermanfaat bagi perkembangan ekonomi makro/mikro di Indonesia. KORINDO juga dikenal atas keberhasilannya dalam memasok kertas koran domestik serta memenuhi seruan pemerintah untuk melakukan pembaruan dalam industri kertas koran yang sebelumnya sangat bergantung pada produk kertas koran impor.

Kecenderungan kebijakan perusahaan dan para pimpinannya ini berkaitan erat dengan tanggung jawab sosial perusahaan sehingga mendorong perusahaan untuk membangun kompleks pengolahan kayu secara kolektif di Kalimantan Tengah pada tahun 2013. Pada tahun 2016, perusahaan juga telah melakukan upaya terpadu untuk mendukung perkebunan padi uji coba di daerah sekitar Merauke sehingga memberikan konstribusi yang lebih di bidang swasembada pangan.

Melalui usaha hutan tanaman dan perkebunan kelapa sawit, KORINDO telah berhasil mengembangkan industri ramah lingkungan dengan nilai ekonomi yang diperoleh langsung dari hasil hutan.

KORINDO telah berkomitmen untuk mengembangkan usahanya di wilayah-wilayah Indonesia yang tertinggal melalui pembangunan jalan dan tempat tinggal serta pembangunan besar-besaran pada infrastruktur utama yang menjadi bagian dari usaha pengembangan daerah.

KORINDO telah mempekerjakan kurang lebih 10.000 pekerja di Asiki, yang merupakan distrik bisnis utama di Propinsi Papua, dan telah membangun pusat pengembangan keahlian penduduk lokal, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan.

Jumlah pajak daerah yang telah dibayarkan oleh KORINDO di Kabupaten Merauke dan Boven Digoel mencapai 30% dan 50% dari total pajak lokal masing-masing kabupaten. KORINDO juga telah mendirikan fasilitas kesehatan pertama di Asiki, melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara gratis. Saat ini, perusahaan kami sedang mendirikan rumah sakit umum yang menyediakan tingkat pelayanan kesehatan yang lebih tinggi kepada sekitar 20.000 orang, atas kerjasama dengan Korea International Cooperation Agency.

Perusahaan perintis dalam pelestarian lingkungan

KORINDO membantu masyarakat setempat untuk menciptakan mata pencaharian mereka sendiri melalui kegiatan CSR dan berusaha membangun lingkungan yang mandiri dengan memberikan bantuan seperti usaha di perkebunan karet dan penyediaan pelatihan di sector peternakan unggas.

KORINDO merupakan perusahaan perintis dalam hal pelestarian lingkungan yang kegiatannya antara lain:mengadakan kegiatan bersih-bersih sungai pada “Hari Sungai Nasional”, penanaman pohon pada “Hari Lingkungan Nasional” yang melibatkan para karyawan dan masyarakat setempat untuk ikut serta di dalam kegiatan.

Visi

KORINDO mewujudkan bisnis berkelanjutan dan selangkah di depan dalam menghormati semua nilai di bumi.

Nilai Inti

  • Manajemen yang berorientasi pada manusia
  • Jaringan terbuka
  • Manajemen yang berpusat pada lokal

Kompetensi Inti

  • Glokalisasi
  • Tantangan
  • Semangat kepeloporan
  • Infrastruktur

One Step Ahead

  • Perusahaan yang mewujudkan manajemen berkelanjutan
  • Perusahaan yang diakui di pasar dunia
  • Perusahaan yang dihormati atas pemenuhan tanggung jawab sosialnya

Filosofi KORINDO

KORINDO meningkatkan kualitas hidup konsumen dan ikut menciptakan dunia yang lebih baik melalui kemampuan yang berorientasi pada masa depan, inovatif, dan berpusat pada konsumen.

Berorientasi pada masa depan

Mewarisi sejarah kepeloporan dan menghadapi tantangan-tantangan dengan wawasan dalam memprediksi arus perubahan.

Inovatif

Berperan sebagai pemimpin global yang menciptakan nilai-nilai baru dengan bisnis yang menjanjikan.

Berpusat pada konsumen

Menebar kebahagiaan kepada dunia dengan memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan kepuasan konsumen.

Jaringan Global

Jaringan global bisnis KORINDO tersebar di seluruh Indonesia maupun dunia.

Cilegon

Java – Indonesia

Jakarta and Cileungsi

Java – Indonesia

Surabaya

Java – Indonesia

Pangkalan Bun

Kalimantan – Indonesia

Kapuas

Kalimantan – Indonesia

Balikpapan

Kalimantan – Indonesia

Halmahera

Maluku – Indonesia

Buru

Maluku – Indonesia

Boven Digoel

Papua – Indonesia

Bintan

Wilayah Operasional Kami

Los Angeles

USA

Amsterdam

Netherlands

Kotka

Finland

Jeddah

Saudi Arabia

Dubai

U.E.A

Head Quarter Jakarta

Indonesia

Singapore

Singapore

Ho Chi Minh

Vietnam

Hongkong

China

Seoul

Korea

Tokyo

Japan

Sidney

Australia

Pasar Tujuan Kami

Sejarah Kami

Setelah melalui berbagai tantangan yang pernah dialami selama 50 tahun terakhir, KORINDO kini menjadi salah satu perusahaan dengan peringkat tertinggi di negeri ini.

Mengembangkan bisnis wood plank

Mendirikan perusahaan plywood

Memproduksi kertas daur ulang

Memulai bisnis perkebunan

Memulai bisnis kelapa sawit

Memulai menanam pohon kelapa sawit

Membangun industri kayu terpadu

Memulai proyek percontohan penanaman padi di Merauke, Papua

Bisnis Kami

Berikut beberapa bisnis yang

telah kami kelola:

Kami meningkatkan kualitas hidup konsumen dan menciptakan dunia yang lebih baik dengan melakukan pendekatan yang berorientasi masa depan, inovatif, dan berpusat pada konsumen.

Lebih lanjut